Wednesday, November 3, 2010

Sagu Keju Susu :p


Sudah beberapa resep yang saya buat dengan bahan pengganti santan berupa susu kental manis. Selain Bolu Kukus Ketan Hitam Susu, ada satu resep lagi yang diperoleh dari salah satu teman di milis NCC bernama Ayu (sayang dia ga kasih blognya dia, jadi ga bisa link) dan resepnya sudah saya modifikasi sedikit.

SAGU KEJU SUSU

Bahan :
100 gr margarine
125gr gula halus - saya pakai 100 gr supaya tidak terlalu manis
1 kuning telur
1/2 btr putih telur
25cc susu encer (SKM 4 sdm + 25 cc air)
50 gr keju parut (pakai keju edam lebih enak)
300 gr tepung sagu yg telah di sangrai selama 15 menit dengan 2 lembar daun pandan - kira-kira sampai daun pandannya kering baru diangkat (kalau bisa tepung sagu sudah di sangrai sehari sebelumnya)

Cara Membuat :
1. Kocok mentega bersama gula halus selama 5 menit lalu tambahkan telur, kocok kembali 5 menit - saya paling sebentar aja, asal mentega dan telurnya bercampur.
2. Tuangkan susu encer, aduk rata. Terakhir masukkan keju parut dan tepung sagu.
3. Setelah tercampur rata masukkan ke dalam kantong segitiga lalu semprot di atas loyang yang telah diolesi dg margarin - saya alasi loyang dengan kertas roti, lebih gampang diangkat.
4. Panggang kira-kira dengan suhu 150DC selama 30-40 menit. Angkat apabila kukis sudah terlihat agak kekuningan.

Saya kemarin itu buat 2 resep. Hasilnya banyak deh, jadi dibagi kemana-mana. Ke mama, mertua, teman. Semua pada bilang enak dan pastinya lebih tahan lama daripada santan. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...