Tuesday, January 11, 2011

Lapis Surabaya Ekonomis Kukus (My Mother's 56th Bdae Cake)

Hari ulang tahun Mama sebentar lagi, rencananya mau buat kue untuk Mama, walaupun kue yang sederhana. Bingung juga sih, karena persediaan bahan untuk membuat kue sudah menipis dan lagi males numpuk banyak-banyak bahan dan males beli ke TBK (malllleeessss), takut tidak habis. Jadi, seperti biasa, lihat dulu di dapur kira-kira ada bahan apa yang bisa digunakan. Lalu baru lihat-lihat ke kumpulan resep. Hmmm... kira-kira kue apa yang spesial tapi gampang dibuatnya ya? Secara waktunya juga sangat mepet.

Buat Lapis Surabaya! Gampang dan spesial. But, tidak mau yang pakai kuning telur semua ah, mubazir putih telurnya.  Pada saat Papa ulang tahun saya membuat Lapis Surabaya resep dari NCC dan dipanggang dan putih telurnya tidak habis-habis. Mau sesuatu yang berbeda. Akhirnya ketemu dengan resep Lapis Surabaya Sangat Ekonomis dari Ci Lily T-Yu Cake. Terbersit di pikiran untuk membuat Lapis Surabaya Kukus. Sempat ragu, bisa jadi ga ya?? Kalau ga jadi sayang juga kuenya. Tapi saya putuskan untuk tetap maju membuatnya. Pikir-pikir, walaupun gagal pasti ada aja yang habisin kuenya (hahaha... paling-paling saya yang habisin - gendut dah).

Lapis Surabaya Ekonomis Kukus
Resep asli dari Ci Lily T-Yu Cake
Modified by Me

Bahan :
9 bt telur utuh
150gr. gula pasir
25gr. SP (lk 1sdm)
100gr. Tepung kunci
40gr. maizena
35gr. Susu bubuk
180gr Margarin/butter - saya setengah-setengah margarin dan butter
1sdm. Perisa(Rhum) bakar (boleh di abaikan)
1sdt. Coklat pasta

Cara Membuat:
1. Telur,gula dan SP di kocok sampai kental dan berjejak.
2. Masukan Terigu,maizena dan susu bubuk aduk rata.
3.Terakhir masukkan margarin cair dan rhum aduk lg hingga rata.
4. Bagi adonan jd 3 bagian,1 bg masukan coklat pasta bf aduk rata.
5. Tuang ke 3 loyang kotak uk 22x22x4cm.
6. Kukus dengan api kecil selama 20 menit (untuk setiap loyang).
7. Susun bagian berwarna kuning di paling bawah, beri selai lalu tutup dengan yang berwarna coklat, beri selai lagi lalu tutup dengan kue terakhir.


Sempat bingung setelah itu mau dihias apa. Buttercream cuma ada yang waktu itu untuk ulang tahun II Acit, kalau dicover dengan buttercream tersebut rasanya pasti tidak enak. Coklat sudah habis, males (lagi-lagi) jalan ke TBK untuk membeli coklat aja. Eh, ternyata ada chocolate chip. Rasanya lebih pahit si pastinya, tapi bolehlah digunakan kalau tidak ada yang lain. Saya lelehkan chocolatechipnya, walah... tidak mau leleh. Punya ide untuk menambahkan susu cair, dan woala... bisa juga jadi cair dan tidak menggumpal. Senangnya. Cuma sayangnya tidak bisa cepat mengeras, jadi harus dimasukkan ke freezer dulu sebentar baru dihias dengan buttercream pinggirannya, diberi hiasan berupa strawberry dan anggur serta ditambah logo 'Happy Birthday' dan tulisan berupa nama. Akhirnya jadi juga, masukkan kulkas bagian bawah dan siap untuk dibawa untuk Mama. Happy Birthday Ma. God Bless you forever. Love you ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...