Thursday, January 20, 2011

~Opera Cake~ My Hubby's Birthday Cake

"At last!"

Cuma kata-kata itu saja yang bisa terucap. Akhirnya buat juga opera cake. Setelah sekian lama hanya melihat laporan yang wara wiri di milis dan mencicip buatan koki hotel atau cafe. Pembuatan opera cake ini tergolong nekad; dengan keterbatasan waktu, pengetahuan dan bingung. Hahahaha.... Saya pakai resep dari NCC. Sempat nyari-nyari resep lagi di Google, tapi ko ya susyah. Hehehehe.... Di resep aslinya sepertinya harus memakai buttercream kopi, tapi harus buat buttercream lagi rasanya sudah ga punya waktu. Akhirnya diputuskan membuat sesuai dengan resep dari NCC aja.

Cake ini dibuat untuk ulang tahun suami. Sebenarnya mau buat kejutan, tapi ga bisa deh. Buatnya ukuran 22x22 bentuk kotak (karena yang ada 3 buah cuma loyang ukuran ini) dan dibuat 1/2 resep. Beli bahan-bahannya di TBK dan sebelumnya sempat meraba-raba kira-kira pembuatannya dan bahan-bahannya.

OPERA CAKE
by: Fatmah Bahalwan
Bahan A :
15 btr kuning telur
5 btr telur utuh
200 gr gula kastor
125 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
15 gr emulsifier
250 gr almond bubuk

Bahan B :
90 gr mentega
90 gr margarine (unsalted butter)
1 sdm rhum (optional)
1 sdm susu kental manis

Bahan C :
500 ml air, panas
40 gr coklat bubuk
20 gr kopi bubuk
100 gr gula pasir
3 sdm rhum (optional)

Bahan D :
Satu resep Chocolate Ganache ( lihat resep )

Cara membuatnya :
- Bahan B: lelehkan mentega dan margarine, tuang susu kental manis aduk rata. Sisihkan.
- Adonan C: dicampur menjadi satu, aduk hingga gula larut. Sisihkan.
- Bahan A: kocok gula dan telur hingga kental dan mengembang, campur tepung terigu & Maizena, ayakkan diatas adonan telur lalu taburkan juga almond bubuk, aduk rata, masukkan bahan B aduk rata kembali, tuang dalam 3 loyang ukuran 30x30cm, oven hingga matang, sisihkan.

Penyelesaian:
- Lepaskan cake dari loyang, basahi dengan bahan C.
- Susun cake diatas alas lapisi dengan bahan D, ratakan. Tumpukkan lapisan selanjutnya, oles lagi dengan bahan D. Tumpukkan lagi satu cake diatasnya, lalu oles lagi dengan bahan D, licinkan, hias sesuai selera.

CHOCOLATE GANACHE
Bahan :
500 gr dark cooking chocolate
200 gr whipped cream
30 gr butter (unsalted butter)

Cara membuatnya:
-Panaskan whipped cream, angkat, masukkan dark cooking chocolate yg sudah dipotong-potong, dan butter, aduk hingga leleh.
- Dinginkan dalam lemari es hingga semalaman, keluarkan, lalu diamkan hingga suhu ruang. Kocok hingga lembut dan ringan.

Sempat ga pe-de juga membuat opera cake, takut gagal dan ga enak. Ternyata eh ternyata, salah besar. Kue sponge almondnya wangi sekali, rasana mau dimakan gitu aja. Ribet sih, karena harus membuat kuenya dulu lalu ganachenya dan terakhir harus disatukan. Ganachenya yang enak, hahaha.... pada saat penyelesaian sering nyolek dikit-dikit ganachenya :p Ganachenya setelah dikeluarkan di suhu ruang, saya ambil sedikit lalu dilelehkan lagi untuk penutup bagian atas. Cake ini biasa dijadikan dessert, karena biasa dimakan dingin dan manis rasanya. Lain kali harus buat lagi dan mau coba pakai buttercream kopinya. Enak dan mantabs b^^d



Sedikit mengenai Opera Cake yang diambil dari Wikipedia:

Opera Cake is a type of French cake. It is made with layers of almond sponge cake (known as Joconde in French) soaked in coffee syrup, layered with ganache and coffee buttercream, and covered in a chocolate glaze. According to Larousse Gastronomique "Opéra gateau is an elaborate almond sponge cake with a coffee and chocolate filling and icing." The cake was popularized by the French pâtisserie house Dalloyau.
(English)

Opera Cake adalah salah satu kue Perancis. Dibuat dari beberapa lapis sponge cake almond (biasa disebut Jaconde di Perancis) yang dibasahi dengan sirup kopi, dilapis dengan ganache dan buttercream kopi dan dilapis dengan coklat. Menurut Larousse Gastronomique "Opéra adalah kue bermutu tinggi yang mengkolaborasikan sponge cake almond dengan kopi dan lapisan coklat dan lapisan gula." Kue in dipopulerkan oleh  French pâtisserie house Dalloyau.
(Indonesian - Translate by me)

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...