Thursday, January 27, 2011

Matau Isi Coklat


Mantau merupakan penganan sejenis roti. Mantau setau saya sih banyak dimakan oleh orang Jepang atau China. Kalau ada data lainnya bisa ditambahkan, karena saya cari-cari di internet ga dapat data sama sekali. Mantau sendiri sering dijual di pasar swalayan dalam bentuk beku (frozen food). Ada yang berwarna coklat dan putih. Makannya bisa dikukus atau digoreng. Kalau dulu saya suka beli mantau, dimakan untuk sarapan bersama dengan susu. Suka digoreng atau dikukus. Teksturnya sedikit lebih padat daripada roti, jadi makan beberapa mantau sudah sangat kenyang.

Kali ini saya mau coba buat mantau sendiri. Sudah dapat resepnya dari tabloid Lezat dan webnya Lezat. Juga sudah pinjam mixer yang gede dari mama. Beli ragi dan mentega putihnya sudah juga. Tapi pas sekalinya mau buat, eh gula halusnya tinggal dikit dan terigu protein rendahnya juga tinggal dikit. Jadilah tambel sana sini, gulanya ditambah gula kastor dan terigunya ditambah terigu protein sedang. Tetep enak tuh.

Mantau Isi Coklat
modified by me
Bahan:
125 gr tepung terigu protein rendah
25 gr gula halus
1/4 sdt ragi instan
1/4 sdt baking powder
2 sdm susu kental manis
50 ml air
15 gr mentega putih
1/2 sdt pasta coklat

Isi:
100 gr chocolate chip - ini hanya mengurangi kerepotan, aslinya DCC yg dipotong kecil-kecil

Cara membuat:
- Campur tepung terigu, gula halus, baking powder dan ragi instan. ~ saya pakai mixer untuk roti
- Masukkan susu kental manis dan air lalu mentega putih dan mixer sampai kalis.
- Bagi adonan menjadi 2 bagian, 1 bagian beri pasta coklat, aduk rata. Bentuk bulatan dan diamkan 15 menit.
- Letakkan bulatan berwarna coklat diatas bulatan berwarna putih (atau sebaliknya), lalu pipihkan bersamaan dengan rolling pin. Isi dengan chocolate chip lalu gulung. Potong-potong gulungan tersebut kira-kira 5 cm. Letakkan potongan tersebut di alas kertas roti.
- Diamkan selama 15 menit lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
- Bisa langsung dimakan atau digoreng dulu.

Kalau misalnya mau disimpan untuk jangka waktu yang lama, diamkan mantau yang sudah dikukus sampai dingin. Setelah dingin, masukkan dalam wadah kedap udara lalu masukkan freezer. Apabila ingin dimakan, keluarkan mantaunya, letakkan di suhu ruang lalu kukus atau goreng. Bisa juga langsung dikukus setelah keluar dari freezer. ^^


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...