Monday, November 1, 2010

=Apple Pie @ Yunie's Home=



Hari Sabtu, 30 Oktober 2010, saya sudah janjian sama Yunie untuk mampir ke rumahnya. Siang-siang saya datang ke tempat dia. Sebenarnya janjian sama Jennifer juga (teman SMA), tapi dia ga bisa karena tiba-tiba harus pergi ke salah satu proyek. Kita sudah janjian untuk membuat Apple Pie. Sebelumnya saya pernah membuat Apple Pie yang resepnya juga diberi oleh Yunie, bisa dilihat disini. Total bulan Oktober, saya buat Apple Pie dengan Puff Pastry sebanyak 2 kali. Tapi pastinya kali ini beda, karena dibuat barengan Yunie dan jadi tau kira-kira seperti apa caranya. Masih tetap dibuat dengan Puff Pastry dan sekarang pakai yang besar (ini yang ada di tempat Yunie). Pakai loyang Pie juga (Yunie ada, saya waktu itu pakai aluminium foil). Resepnya saya ambil dari blognya Yunie (ijin copy paste ya Yun, dengan sedikit dimodifikasi ^^).

Sebelumnya mau kasih sedikit penjelasan mengenai pie...
Pai (bahasa Inggris: pie) adalah makanan yang terdiri dari kulit pastri dan isi. Isi pai dapat berupa buah, daging, ikan, sayur, keju, coklat, custard, kacang, dan lain-lain.
Pai buah biasanya disajikan dengan es krim, disebut à la mode. Pai daging Australia dianggap sebagai makanan nasional Australia, berisi daging sapi dan gravy. Hidangan khas Adelaide adalah pie floater.
Dalam film komedi, pai sering digunakan untuk dilempar ke muka seseorang. Hal ini juga kadang dilakukan kepada politisi dan selebriti, disebut pieing.


Apple Pie With Puff Pastry

Bahan:
2-3 buah apel hijau (granny smith/fuji/malang - yang enak ada asem-asem pakai apel malang)
1 sdt bubuk kayu manis (kalau suka bisa ditambah)
3-4 sdm gula pasir (kalau suka manis, bisa ditambah)
1 sdt mentega
2 lembar puff pastry siap pakai
--> loyang pie diameter 20 cm

Cara membuat:
ISI:
- Kupas apel dan potong-potong tipis seperti keripik, masukkan ke satu wadah.
- Baluri apel dengan gula pasir dan diamkan selama 20 menit sampai berair.
- Panaskan wajan, masukkan mentega lalu tumis apel bersama sarinya. Taburi bubuk kayu manis saat sudah berubah warna. (Kalau saya suka yang rada kekuningan) Sisihkan.
- Panaskan oven.

KULIT:
- Potong Puff Pastry seukuran loyang.
- Tusuk-tusuk dengan garpu bagian bawahnya.

PENYELESAIAN:
- Taruh isi ke Puff Pastry yang ada di loyang.
- Potong-potong memanjang Puff Pastry lalu letakkan di atas isi.
- Poles dengan kuning telur.
- Panggang dengan suhu 150 DC kira-kira 45 menit atau sampai matang.
- Angkat, sajikan. Bisa juga dimakan dengan ice cream.

Hasilnya enak loh.... yummy banget Apple Pie kolaborasi antara saya dan Yunie. Apalagi dimakan sama ice cream vanila, tambah enak deh. Dibawah ini ada foto-foto step-by-step nya ya, bisa dilihat modelnya (walaupun cuma tangan aja) dan caranya. Mareeee.... dicoba dicoba. Gampang dan enak. Saya aja jadi mau buat lagi loh, karena enak banged. Hehehehe ^^

2 comments:

Agenda ibu rumah tangga said...

waw keren editan fotonya

~Jessica Daniel~ said...

Thank you Yun... siapa dulu donk modelnya... hehehehe ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...