Friday, November 12, 2010

Ooo Homemade Salty Egg ooO (aka. Telur Asin)


Hahahaha.... judulnya dibuat menarik, "Homemade Salty Egg". Padahal cuma "Telur Asin" tapi telur asin yang dibuat sendiri. Tanpa pengawet, gampang buatnya dan tidak terlalu asin tapi tetep ada rasa asin. Resepnya sendiri diambil dari milis NCC yang diposting oleh Mbak Lian.

Telur Asin
Bahan:
10 buah telur bebek
10 sdm garam kasar
1 liter air matang

Cara membuat:
- Masukkan air dan garam kedalam wadah seperti tupperware atau toples, lalu aduk-aduk sampai garam larut
- Telur bebek dibersihkan, lalu masukkan ke dalam wadah yang sudah ada air garam
- Tutup wadah lalu diamkan sampai 3 minggu
- Setelah 3 minggu, cuci bersih lalu masak sesuai selera

Saya memakai garam kasar yang dijual di pasar, per bungkusnya kira-kira Rp 3.000,-. Kalau dari Mbak Lian katanya disuruh pakai garam yang balok (bentuknya seperti balok/bata), ini juga ga terlalu mahal. Belum pernah coba sih, tapi lain kali mau coba pakai yang ini. Ada yang tanya ke milis, ko tengah-tengahnya bisa kuning? Kalau saya pasti beli di tukang telur dan bilang minta yang kuning telurnya berwarna merah, harganya lebih mahal juga.

Saya pakai telur asin mentahnya sebagai pembungkus cumi dan udang, jadilah cumi dan udang goreng tepung telur asin. Rasanya mantap dan gurih. Tapi saya lupa foto karena keburu laper dan akhirnya dilahap habis. Selebihnya saya rebus, kira-kira selama 15 menit, matikan api, diamkan sampai dingin. Rasanya enak, masir pula dan tidak terlalu asin tapi tetap ada rasa asin.

Tapi kekurangannya... lama nunggunya, sampai 3 minggu boooo.... keburu ileran. Hahahaha.... kalau misalnya ada yang mau pesen telur asin dan kalau buat masih kelamaan, bilang aja ya ke saya. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...