Thursday, December 16, 2010

Nasi Tim Wortel

Saya dapatkan resep ini dari http://www.lezatgrup.com/ dengan judul "Tim Wortel Ayam". Kenapa saya tertarik dengan resep ini? Kesatu, karena adanya pemakaian wortel, jadi ada campuran antara sayur dan daging. Kedua, tidak digoreng. Saya modifikasi resep ini menjadi nasi tim, yaitu ditambahkan dengan tumisan ayam kecap. Rasanya enak dan pastinya kalau ada anak, makanan ini bisa membuat dia mau makan sayuran.

Resep di bawah ini adalah resep asli dari lezatgrup. Saya hanya menambahkan tumisan ayam fillet, jamur hioko, bawang putih, dan kecap. Kalau mau ditambahkan dengan telur rebus juga boleh, pastinya lebih bervariasi dan lebih enak.

Tim Wortel Ayam
BAHAN:

- Beras 100 gram, cuci bersih
- Wortel 50 gram, blender dengan 250 ml air kaldu ayam
- Merica bubuk 1/4 sendok teh
- Garam 1/2 sendok teh
- Wortel 50 gram, serut
- Daging ayam giling 100 gram
- Bawang Bombay 25 gram, cincang kasar
- Bawang putih 1 siung, cincang halus
- Margarin 1 sendok makan
- Telur ayam 1 butir, kocok
- Bumbu kaldu bubuk instan 1/2 sendok teh

CARA MEMBUAT:
1. Rebus cairan wortel bersama merica dan garam hingga mendidih, lalu masukkan beras, masak hingga cairan meresap, angkat.
2. Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang Bombay hingga harum, lalu masukkan daging ayam dan bumbui kaldu bubuk, aduk hingga berubah warna, angkat.
3. Setelah agak dingin, campur aronan nasi dengan tumisan ayam, wortel parut dan telur ayam, aduk hingga tercampur rata.
4. Tuang adonan dalam mangkuk tahan panas yang telah dioles margarin / almunium foil, lalu tutup permukaan mangkuk dengan almunium foil dan tim selama 25 menit hingga matang, angkat. --> saya hanya menggunakan mangkok yang biasa dipakai untuk nasi tim lalu dikukus tanpa aluminium foil dan sebelum dikukus setiap mangkok ditambahkan dengan air kaldu ayam sebanyak 2 sendok sayur.

Karena keburu habis jadinya foto seadanya. Hehehe.... Itu juga pas keingetan. Ya, kira-kira seperti itu hasil jadinya. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...