Thursday, December 16, 2010

Bubur Sumsum Hijau

Entah kenapa saya lagi kepengen banget makan bubur sumsum. Penganan ini adalah penganan tradisional khas Indonesia. Dibuat dari tepung beras dan santan lalu diberi kuah air gula merah. Dulunya saya sempat berpikir kalau penganan ini susah membuatnya, tapi waktu itu diberi resepnya oleh cici sepupu, ternyata gampang.... hahahaha.... :))

Saya beberapa kali membuatnya, awalnya terlalu keras karena terlalu banyak tepung beras. Lama-kelamaan saya tahu seberapa takarannya dan hasil akhirnya. Ini resep yang saya buat hasil dari modifikasi dan eksperimen (cieileh bahasanya....)

Bubur Sumsum Hijau
Bahan:
2 sdm tepung beras
600 ml santan (tidak usah yang kental)
1/2 sdt garam
4 lembar daun pandan - potong kecil
1 sdt pasta pandan
100 gr gula merah
2 sdm gula pasir
100 ml air

Cara membuat:
1. Rebus santan, 2 lembar daun pandan dan garam sampai setengah matang - biarkan sampai dingin
2. Campur tepung beras dan santan lalu rebus sampai mendidih lalu masukkan pasta pandan, aduk rata - biarkan sampai dingin dan mengeras
3. Rebus gula merah, air dan gula pasir sampai gula mencair - sisihkan
4. Letakkan bubur di atas mangkok lalu siram dengan air gula merah

Bisa juga dimodifikasi dengan cara menambahkan nangka pada rebusan air gula merah. Pasta pandan bisa diganti dengan air pandan, tapi sedikit rada ribet cara membuatnya, biasanya dengan cara menumbuk daun pandan. Dengan resep ini, sangat mudah dan tidak ribet. ^^

2 comments:

Anonymous said...

Apa itu pasta pandan?

~Jessica Daniel~ said...

Pasta pandan itu seperti pengganti dari bahan-bahan alami. Kali ini pastanya adalah pengganti dari pandan, wanginya akan seperti pandan, warnanya juga hijau. Biasanya dipacking dalam botol plastik lalu konsistensinya agak kental. Walaupun untuk wangi dan rasa akan berbeda jauh dari pandan asli.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...