Thursday, December 16, 2010

Bolu Kukus Lapis Coklat


Sekali lagi membuat sajian yang resepnya diambil dari http://www.lezatgrup.com/ dengan nama Cake Lapis Coklat. Cara membuatnya gampang dan bahan-bahannya mudah didapatkan di rumah. Sekalian saya mencoba pinggan yang saya baru beli. hehehehe....

Bolu Kukus Lapis Coklat
Modified by Me

BAHAN :
- Tepung terigu Bogasari Segitiga Biru 60 gram
- Tepung maizena 10 gram
- Baking powder 1/4 sendok teh
- Susu bubuk 20 gram
- Telur ayam 3 butir
- Gula halus 100 gram
- Cake emulsifier 1/2 sendok teh
- Garam 1/4 sendok teh
- Margarin 50 gram, cairkan
- Cokelat bubuk 1/4 sendok teh
- Coklat meises 250 gram

HIASAN:
- Cokelat masak pekat 250 gram, lelehkan
- Plastik icing warna biru, cetak bentuk bunga

CARA MEMBUAT:
1. Kocok telur bersama gula, cake emulsifier dan garam hingga kental dan mengembang.
2. Masukkan margarin cair, lalu tambahkan tepung terigu yang telah dicampur dengan maizena, baking powder dan susu bubuk, aduk rata.
3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu bagian tambahkan cokelat bubuk, aduk rata.
4. Tuang sebagian adonan putih ke dalam loyang kotak (18 x 18 x 4 cm) yang telah dioles margarin dan ratakan. Kukus selama 10 menit hingga matang, angkat. Taburi coklat meises. Tuang sebagian adonan cokelat, kukus kembali selama 10 menit. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. (pada pengukusan terakhir kukus selama 25 menit hingga matang, angkat)
5. Keluarkan cake dari loyang, lalu cetak bentuk hati (sesuai selera), hias atasnya cokelat leleh dan bunga plastik icing.
6. Sajikan.

Saya modifikasi sedikit untuk memudahkan. Saya tidak pakai hiasan berupa coklat leleh, tapi saya ganti dengan menaburkan coklat meises di antara lapisannya. Karena saya memakai loyang ukuran 30x18 cm, jadi adonannya terlalu tipis dan hasilnya tidak terlalu rapi. Untuk berikutnya sepertinya harus membuat 2 atau 1 1/2 resep untuk loyang 30x18 cm. ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...