Thursday, December 16, 2010

Karedok aka Keredok

Karedok atau keredok adalah makanan khas daerah di Indonesia. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sebagai berikut antara lain ketimun, tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, terasi. (wikipedia)
Karedok ini adalah makanan khas dari daerah Sunda. Biasanya kalau kita masuk ke restaurant sunda pasti ada menu ini. Karedok memakai bahan yang mentah, kecuali kacangnya yang digoreng untuk bumbu kacang. Sepertinya orang Sunda paling senang makan makanan yang masih mentah, sayur apa aja bisa dimakan sebagai lalapan. Karedok ini seperti gado-gado atau pecel, tapi bedanya hanya sayurannya, gado-gado atau pecel menggunakan sayuran matang sedangkan karedok menggunakan sayuran mentah.

Awalnya saya sendiri sedikit aneh dengan karedok karena memakai sayuran mentah. Akhirnya setelah saya mencoba, sekarang malah jadi makanan favorit. Ada beberapa orang memang tidak suka dengan karedok, rata-rata orang Jawa dan orang yang tidak suka dengan sayuran mentah. Tapi coba deh.... pasti ketagihan. Dibawah ini resepnya, dan maaf banget lupa dari mana saya dapat resepnya.

Karedok
Bahan:
15 lembar kol
10 kacang panjang
5 terong bulat
1 cup kecambah
5 buah timun
kemangi, sebanyak disukai --> saya pakai banyak karena suka banget

Bumbu:
1 cup kacang tanah goreng
4 cabe rawit - bisa ditambah
1 sdm gula merah
2 sdm air asam
1.5 sdm kencur bubuk - saya pakai kencur asli kira2 2 ruas
garam, sesuai selera
2 sdm air matang

Tambahan:
bawang goreng

Cara membuat:
1. Kecuali kemangi, iris atau potong sayur sekitar 1 cm, cuci, tiriskan
2. Bumbu: haluskan semua bumbu, beri air lalu aduk
3. Tata sayur diatas piring lalu siramkan bumbu dan taburi bawang goreng

Sebenarnya semua serba kira-kira, jadi kalau misalnya ada yang kurang, bisa ditambah. Atau mungkin ada mau menambahkan sayurannya, bisa juga. Harus pakai kemangi ya.... karena itu yang membuat jadi wangi dan harum. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...