Thursday, July 1, 2010

Es Warna Warni



Lagi-lagi resep adopsi dari tempat lain nih, tapi dikira2 sendiri n dimodofikasi....

Waktu itu saya dan suami makan di warten, ada penjual sop buah. Kita beli 1 porsi, kita cobain dan pikir2 pasti bisa buat sendiri. Lebih banyak, lebih kenyang, lebih murah dan lebih bersih juga. Besoknya saya beli bahan2nya. Ini resep saya yang saya modifikasi. Saya namakan es warna warni karena beraneka warna di dalamnya.

Es Warna Warni

Bahan:

1 nanas (matang)
1 pepaya mengkal (antara matang dan tidak)
1 bks besar jeli berbagai bentuk
1 bks kecil jeli bulat2 kecil
1 ons kolang kaling
300 gr gula pasir
1 lt air
2 lbr daun pandan
susu kental manis putih secukupnya

Cara:

- Rebus air, gula dan daun pandan sampai sedikit kental, biarkan sampai dingin
- Potong nanas kecil2. Pepaya dibentuk bulat2 dengan pengerok bentuk bulat
- Jeli kecil dan besar ditiriskan
- Kolang kaling direbus dan diberi beberapa tetes pewarna foodgrade, biarkan sampai dingin lalu dipotong melintang kecil2
- Setelah selesai semuanya... masukkan semua bahan ke dalam satu wadah
- Siap disajikan dengan ditambah es dan susu kental manis putih

Kalau saya lebih suka tidak pakai susu kental manis, karena dari sirup gulanya pun sudah manis. Buah2an juga bisa ditambah, tidak hanya pepaya dan nanas saja. Kalau tidak mau langsung dimakan, taruh di kulkas, pada saat mau dimakan bisa ditambah es kalau kurang dingin. Sebentar lagi puasa, ini bisa jadi salah satu menu berbuka puasa deh... Ssssuuuueeeeeggggeeeeeerrrrrr rek ^^

2 comments:

TheCAKE said...

wueankkkk sptnya tuh .... kliatannya yummyyy

~Jessica Daniel~ said...

Iya Cin..... cobain aja, gampang lagi buatnya. Segernya itu loh yg ga tahan ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...