Thursday, June 10, 2010

Sus Goreng Manis Gula

Hari Minggu saya melihat salah satu tayangan televisi, di situ ada tayangan masak-memasak dengan host seorang koki perempuan yang sering saya dengar, Farrah Quin. Dia memasak bersama salah satu artis cilik, saya lupa namanya, tapi saya ingat namanya “Clara” di film “Suami-suami takut istri”. Di tayangan tersebut mereka membuat panganan bernama “Churros”, cara membuatnya cukup gampang dan bahan-bahannya pun tidak sulit didapat.

Churros ini asalnya dari Mexico. Sebenarnya makanan ini adalah menu sarapan di Mexico, biasa disajikan bersama teh atau kopi. Namun apabila makanan ini dimakan sebagai cemilan juga boleh, sambil nonton TV. Churros ini sebenarnya seperti kue soes goreng yang ditaburi gula. Kalau di resep aslinya, Churros ditaburi gula halus dan kayu manis bubuk.

Saya mencoba membuat Churros dengan bahan-bahan yang ada. Saya langsung cari di mesin pencari Google. Akhirnya saya temukan resepnya, saya buat dengan dimodifikasi. Saya tidak menggunakan taburan kayu manis bubuk tapi hanya dengan gula pasir biasa. Telur pada resep dipakai 4 butir, namun saya kurangi jadi 3 butir telur. Di bawah ini adalah resep yang sudah saya modifikasi, dan saya namakan resepnya “Soes Goreng Manis Gula”. Gambarnya adalah foto yang saya ambil setelah jadi.

“Soes Goreng Manis Gula”

Bahan soes::

250 ml air
100 gram margarin
160 gram tepung terigu ayak
3 butir telur
4 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vanili bubuk
spuit bunga (biasa dipakai untuk menghias kue)
2 plastik segitiga
minyak untuk menggoreng

Bahan taburan:
5-6 sendok makan gula pasir halus atau gula halus

Cara membuat:
1. Panaskan air, margarin, gula dan garam dengan api kecil sampai mendidih
2. Setelah mendidih, matikan kompor. Masukkan terigu, aduk rata. Nyalakan kompor kembali, lalu masak sampai tercampur rata dengan api kecil. Matikan kompor, sisihkan.
3. Masukkan adonan ke dalam wadah. Masukkan vanili bubuk lalu kocok dengan mixer dengan kocokan pelan sampai hangat
4. Masukkan telur satu per satu sambil di mixer pelan-pelan. Matikan mixer lalu aduk rata dengan spatula. Sisihkan
5. Bolongi ujung salah satu plastik segitiga, lalu masukkan spuit bunga
6. Bolongi ujung plastik segitiga yang satu lagi lalu masukkan adonan soes
7. Masukkan plastik yang berisi adonan ke plastik yang ada spuitnya
8. Panaskan minyak, goreng adonan soes memanjang, caranya memotong adalah dengan gunting
9. Bila sudah kecoklatan, angkat dan tiriskan
10. Taburi dengan gula. Sajikan

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...