Tuesday, November 30, 2010

Cheese and Chocolate Muffin (^-^)


Sehari sebelum Cool Celebration, saya berpikir untuk membuat kue untuk bisa dimakan saya dan suami apabila kami tidak mendapatkan makanan untuk panitia. Saya pikir mau buat bolu coklat atau bolu mentega biasa. Telur di rumah juga sudah rada lama dan mau dihabiskan. Setelah cek resep-resep yang saya punya, ternyata jadi bingung.. hehehe....

Tau-tau mata saya tertuju ke cup untuk muffin dan cupcake, dan akhirnya terpikir untuk membuat muffin. Karena saya belum pernah print resepnya, jadilah saya ngubek-ngubek internet untuk mencari resep muffin. Muffin coklat dan muffin keju sekaligus.

Muffin Coklat
Sumber: Lezat Pemula Booklet Vol. 22 Snack Box
Bahan :
- Margarin 150 gram -
- Susu cair 100 ml -
- Telur ayam 3 butir -
- Gula pasir 150 gram -
- Tepung terigu protein sedang 250 gram -
- Soda kue 1 sdt -
- Baking powder 1 sdt -
- Coklat masak pekat 150 gram, potong dadu kecil -

Cara membuat :
1. Cairkan margarin bersama susu cair hingga mencair dan hangat tidak sampai mendidih.
2. Kocok telu dan gla hingga gula hancur tetepi tidak sampai berbui banyak. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan soda kue, aduk rata.
3. Masukkan campuran susu, margarin, coklat masak, aduk rata.
4. Tuang adonan ke dalam loyang hinga hampir penuh. Panggang selama 30 menit hingga mtanga, angkat.
5. Sajikan.

Tips : Coklat masak pekat bisa diganti dengan messes coklat.

Untuk 8 buah

--> Note: saya tambahkan 20 gram coklat bubuk. Coklat masaknya saya juga tidak dicairkan sampai lumer tapi hanya sedikit mencair, jadi pada saat dimakan kuenya masih ada coklat yang lumer.

Muffin Keju Wilton
Modified by me
Bahan:
350 gr tepung terigu
230 gr butter
110 cc susu cair
2 gr garam (gak perlu kalo butternya pake yang salted)
4 bt telur (kira-kira 3-4 butir telur)
220 gr gula pasir
8 gr baking powder
50 gr keju dipotong dadu

Cara Membuat:
- Rebus butter, air dan garam sampai mendidih. Matikan api.
- Masukkan tepung + baking powder kedalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukin campuran butternya sambil dikucurin jangan langsung dituang sekaligus
- Masukkan telur satu persatu
- Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
- Masukkan bahan keju
- Masukkan adonan kedalam piping bag (plastik segitiga), potong ujungnya
- Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai 3/4 penuh taburi atasnya dengan sisa keju
- Oven dengan suhu 160° ± 25 menit

Jadilah seperti yang ada di foto. Untuk muffin coklatnyt atasnya tidak berbentuk bulat seperti muffin biasanya, ga tau kenapa. Mungkin harus ganti resep, mau cari-cari lagi. Untuk muffin keju bentuk atasnya bulat. Untuk rasa, keduanya enak. Teksturnya muffin banget, tidak terlalu lembut seperti bolu dan tidak terlalu kasar seperti roti, namun padat. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...