Thursday, April 26, 2012

~Black and White Carrot Cake~ (Kue Lobak)


Carrot cake ini makanan yang cukup banyak di Singapore dan Malaysia. Kadang kangen jg makan makanan ini. So, ngubek-ngubek Bang Gugel, akhirnya ketemu juga resep Carrot Cake. Carrot Cake di Indonesia dibilangnya Kue Lobak. Kadang Carrot Cake ini sering rancu dengan Kue Wortel. Jadi saya sebutnya Kue Lobak saja. Kue Lobak ini sering dijual oleh pedagang makanan keliling dengan sepeda, dimana dia menjual penganan dari Medan, seperti Uyen (Talas Goreng), Ci Cong Fan (kesukaan saya nih hihihi), Siomay, Lumpia dll. Kue Lobak biasanya dijual yang sudah digoreng. Kalau di Singapore atau Malaysia, Kue Lobak dimasak seperti halnya untuk makanan sehari-hari. Memang didalamnya sudah cukup padat dan ada karbohidrat. Saya coba buat kue lobak ini dan saya masak seperti di Singapore dan Malaysia.

Cara pengolahan Kue Lobak ini terbagi atas 2 macam, yaitu Black and White. Kalau yang hitam, kue lobak dimasak dengan menambahkan kecap manis, kalau putih tidak memakai kecap manis. Ini cara saya loh ya, karena saya gak tau bumbu-bumbu tambahannya, jadi ya yang setau saya saja. Tapi tetep enak kok. Hehehe... ^^

Ini resepnya ya.... saya ambil dari  http://www.resepmami.com/id/recipe/search.php?showdetail=1&rec_id=165

Kue Lobak Goreng

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung beras
  • 100 gram tepung maizena
  • 600 cc air matang
  • 1 sendok makan garam
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 100 gram ebi
  • 1200 gram lobak putih, parut halus
  • 200 cc air
  • 6 sendok makan minyak

Cara membuat

Campur tepung beras, tepung maizena, air matang, garam, gula, dan merica bubuk, aduk hingga rata, sisihkan.

Rendam ebi dalam air panas selama 10 menit, angkat, tiriskan, lalu potong kecil-kecil, sisihkan.

Didihkan air, lalu masukkan lobak putih, masak sampai matang (sekitar 10 menit), angkat, tiriskan.

Panaskan minyak, lalu masukkan bawang putih, tumis hingga harum.

Masukkan ebi, aduk rata, lalu masukkan lobak dan adonan tepung tadi, aduk rata, masak sampai setengah matang, angkat.

Masukkan adonan ke dalam loyang (ukuran 20 cm x 20 cm) yang sudah diolesi dengan minyak, tekan-tekan hingga rata, lalu kukus adonan di atas api sedang selama 60 menit sampai matang, potong-potong ukuran 4 cm x 4 cm.

Panaskan minyak sedikit dalam wajan anti lengket, lalu masukkan kue lobak, goreng hingga berwarna kecoklatan, angkat

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...