Monday, February 28, 2011

~Kursus Cake Decorating with Buttercream 4 hari~


Saya akhirnya berkesempatan untuk mengikuti kursus Cake Decorating Buttercream Dasar selama 4 hari yang diadakan oleh NCC. Keinginan ini sudah ada semenjak tahun lalu. Sudah pernah mau daftar pada saat libur Lebaran, tapi ternyata belum menjadi waktu saya untuk bisa ikut kursus ini. Bulan Januari 2011 kemarin, di milis banyak yang menawarkan voucher potongan harga sebesar Rp 200.000,- untuk mengikuti kursus Cake Decorating Buttercream Dasar 4 hari yang diberikan oleh Gramedia apabila membeli buku NCC sebesar Rp 100.000,-. Akhirnya saya memberanikan diri untuk meminta salah satu teman milis, yaitu Mbak Ferin. Mbak Ferin akhirnya memberikan salah satu vouchernya kepada saya. Sayangnya Mbak Ferin tidak bisa ikut serta dikarena dia baru saja melahirkan. Makasih ya Mbak Ferin.



Vouchernya hanya valid sampai dengan bulan Februari. Saya langsung cek tanggal kursusnya, akhirnya dapat waktunya yang pas, tanggal 12 sampai 15 Februari 2011, Sabtu sampai Selasa. Ijin sama suami dan akhirnya dikasih deh. Senangnya... hehehehe.... :)

Hari pertama, masih belum kenal semua. Sedikit-sedikit mulai kenalan, ternyata ada yang rumahnya searah, jadinya bisa nemenin pulang deh. Pertama kali dikasih alat-alatnya seperti scrapper, paku mawar dan beberapa spuit. Diajarkan beberapa model, cara-caranya dan membuat mawar. Hari pertama sampai ketiga masih menggunakan buttercream tawar dan menggunakan dummy (dari gabus). Karena baru pertama kali decorating (secara benar maksudnya), jadilah kita semua kepalanya pusing (benar-benar kepalanya sakit). Pulang-pulang langsung tidur.

Hari kedua, masih tetap menggunakan mentega tawar, tapi sudah berwarna. Beberapa hal yang diajarkan pada hari pertama diulang kembali dan diberikan materi yang baru juga. Hari kedua mulai tidak terlalu pusing, tapi tetap cape. Waktunya ga berasa banget, tau-tau sudah makan siang... eh pulang deh. Kita yang ikut kursus juga mulai kenal satu sama lain, jadi seru deh.

Hari ketiga, sudah tidak terlalu stress. Kebanyakan mengulang saja dan sedikit materi baru, masih menggunakan mentega tawar berwarna warni. Hihihi... di hari ini kita sudah bisa ketawa ketiwi. Malah bisa ngobrol soal film korea, seru oiiii.....

Hari keempat adalah hari terakhir kita kursus. Diajarkan buttercream transfer, dan kali ini menggunakan buttercream manis (buttercream mix hollman). Kali ini kita yang harus mencampur warna sendiri dan memikirkan model kuenya. Kita diberikan kue lapis surabaya bentuk kotak. Tidak boleh salah nih, kalau salah ya berarti harus ulang lagi menghiasnya. Yang lucu, kalau kita sudah dapat 1 warna yang cocok banget, trus disuruh ulang lagi, pada ga bisa... hahahaha.... Saya ambil gambar Hello Kitty untuk BC Transfernya, biar gampang aja.

Ga terasa sudah 4 hari terlewat. Ko ya rasanya baru sebentar banget dan berasa banget besoknya kayanya kita mau hadir lagi. Kaya udah nyatu gitu. Wanti-wanti terakhir dari Ibu Guru (Ibu Fatmah), "Latihan terus ya. Bagaimana caranya latihan? Terima pesanan." Mare mare yang mau pesan kue ulang tahun dengan buttercream, saya siap. Sukses semua. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...