Friday, February 4, 2011

Ikan Bumbu Rujak


Berawal dari mengomentari hasil nastar cici ipar sepupu (istri dari koko sepupu yang di Sindang) yang dishare BBM, jadilah perbincangan berlanjut ke sharing resep masakan. Cici saya itu makanan yang dia buat terkenal enak-enak (beruntungnya saya punya cici ipar kaya dia... hehehehe). Untuk kue katanya dia jarang buat, paling dihari-hari besar saja. Waktu sebelum imlek, dia sempat share foto nastar bentuk jeruk lengkap dengan daunnya dan bentuk-bentuk lainnya. Aih... benar-benar rajin deh si Cici yang satu ini.
Setelah komentar minta diajarin caranya... hihihihi, tapi belum sempat mencoba karena pas mau beli nastarnya (di hari sebelum Imlek) wuihhhh... harganya selangit bowwww... Dari nastar yang biasanya bisa dibeli dengan harga Rp 6.000,- per biji sekarang harganya Rp 8.000,- per biji. Berasa juga loh, karena pemakaian nanas untuk nastar bisa sampai 4 biji. 4 x Rp 2.000,- = Rp 8.000,-. Kalau bukan hari raya, bisa beli 1 biji nanas lagi tuh buat dimakan. Mahalnya nanas karena adanya hariraya dan dari pembicaraan dengan penjualnya, nanas biasa dipakai untuk sembahyang. Ga tau ya menyimbolkan apa.

Setelah membagi tips dan trik untuk membuat nastar berbagai bentuk, mulai bicara ke makanan yang lain. Kali ini membicarakan lauk pauk teman untuk makan nasi. Dia share beberapa resep, dua tepatnya, kepiting bumbu rujak dan ayam bakar. Ayam bakarnya cuma baru diceritain sama Mama saya yang katanya maknyus banget, sampai-sampai adik saya saja suka. Belllluuuummmm nnyyyooobbbbaaaa..... :(

Setelah dishare kepiting bumbu rujak, ko ya rasanya penasaran sama rasanya. Katanya asem-asem seger gitu deh. Pas banget nih belum makan malam. Sempat bingung mau makan apa, sekalinya kita berdua tidak mau keluar rumah lagi. Langsung hunting ke dapur dan ke kulkas. Ada beberapa sayuran... aha... buat capcay goreng dengan sayuran seadanya. Nengok ke freezer ada ikan dori fillet yang dibeli dari teman. Ikannya dikeluarkan dari freezer dan dicairkan. Setelah cair dipotong-potong dan digoreng. Teringat dengan resep dari Cici yang kepiting bumbu rujak, jadinya mau membuat bumbu rujak juga tapi dengan menggunakan ikan. Saya juga memodifikasi resepnya dengan menambahkan 1 buah cabai keriting. Rasanya benar-benar smriwing dehhh.... asam manis.

Ikan Bumbu Rujak
Bumbu halus:
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1 sdt ketumbar
2-3 butir kemiri
1 bh cabai keriting

Bahan lain:
2 strip ikan dori fillet - potong & goreng
1 bh jeruk nipis / air asam jawa - ambil airnya
1 sdm kecap manis
lada, garam, gula secukupnya
minyak untuk menumis

Cara Membuat:
- Tumis bumbu halus sampai harum.
- Masukkan ikan, kecap mani, lada, garam dan gula.
- Terakhir masukkan air jeruk nipis. Sajikan.

^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...