Friday, October 8, 2010

^Bolu Gulung Medan^


Sebenernya beberapa cake yang setelah ini adalah hasil bulan September, tapi baru bisa masukin blog hari ini. Internet naik turun, males, kompi yang biasa dipake buat edit rusak. Well, jadilah fotonya diedit sebisanya. Awal membuat kue lagi dibuka dengan Bolu Gulung Medan.

Setelah membeli buku "60 Resep Cake & Cookies Antigagal" di HBH 2010, saya langsung buka-buka bukunya. Lihat sana sini, kira-kira kue apa yang bisa dibuat pertama kali untuk dicoba. Ada resep Caramel Cake, tapi pas dicek ke dapur, ternyata gulanya tinggal sedikit. Ga jadi deh. Buka-buka lagi..... Ada resep Bolu Gulung Medan. Semua bahannya lengkap di dapur, sekalian mau abisin bahan-bahan yang hampir kadaluarsa. Ini resepnya, diambil dari buku tersebut.

Bolu Gulung Medan
Bahan A:
6 Kuning telur
5 bt telur
125 g gula pasir
1 sdm cake emulsifier
1 sdt vanili

Bahan B:
20 g susu bubuk
100 g terigu protein sedang

Bahan C:
125 g margarin, lelehkan
1 sdm air

Filling:
Keju cheddar, sebagian dipotong memanjang seperti stik, sebagian diparut

Cara membuat:
1. Kocok Bahan A hinggal mengembang dan kental. Masukkan Bahan B, aduk rata, tuangi Bahan C, aduk rata dan aduk balik hingga semua bahan tercampur rata.
2. Tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran 30x30x4 cm, panggang dalam oven suhu 200DC selama 25 menit atau hingga matang. Angkat.
3. Balik cake di atas kertas roti atau serbet, gulung, dinginkan.
4. Setelah dingin, buka gulungan, poles dengan buttercream tipis, taburi keju parut. Pada satu sisi jajarkan keju yang sudah dipotong memanjang 1x1 cm sebanyak 3 buah. Gulung sambil dipadatkan.
5. Potong-potong dan sajikan.

Buttercream
Bahan:
100 g mentega putih
100 g essella cream
100 g merry whip
100 g gula jelly

Cara Membuat:
Kocok semua bahan menjadi satu sampai mengembang dan creamy.


Saya buatnya dibuat jadi 2 loyang, karena ga ada loyang 30x30 cm. Jadi dipakai loyang ukuran 24x24 cm dan 20x20 cm. Yang 24x24 saya buat dioles buttercream dan keju, loyang 20x20 dioles dengan filling blueberry. Karena saya memakai oven tangkring (oven di atas kompor), jadi untuk yang ukuran 20x20 sedikit lebih kering karena diletakkan di paling bawah. Pada saat digulung, uk. 24x24 rapi sekali, ga ancur, tapi yang 20x20 ancur.

Buttt....... setelah yang uk. 24x24 dikeluarkan dari kulkas, pada saat dibuka... HANCUR! Yaaahhh.... sayang banget, padahal gulungannya udah bagus. Ya udah deh, dihantem aja, buat makan sendiri ini. Dioles buttercream (saya pakai buttercream mix merk Hollman yang tinggal dikocok), dipakaikan keju, digulung lagi. Sudah hancurrrr....

Pas dimakan......... wwwaaawwww eeeennnnnnaaaaaakkkkkk.... (lebay). Memang enak. Suami suka banget, dia bilang lain kali bikin lagi. Hehehehe ^^

1 comment:

chemo said...

thank's info nya ya

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...