Wednesday, August 25, 2010

~Colorful Cupcakes~



Cupcakes.... semua pastinya sudah tau ya.... saya juga beberapa kali buat cupcake, di kursus maupun latihan bareng. Cupcakes kali ini resepnya berbeda. Saya lihat dari milis, tapi lupa siapa yang posting. Linknya ke blog Mbak Kristi. Kokoh hasilnya dan saya juga coba memakai filling blueberry dan strawberry. Sepertinya ini resep dari buku atau web luar negeri, karena yang setau saya (mudah-mudahan bukan sok tau) kalau cake dari luar negeri memakai gula dan tepung terigu yang banyak.

Cup Cake
Bahan:
150 gr margarin (atau butter) --> saya pakai butter mix Anchor
150 gr gula kastor
175 gr terigu
1 sdt BP (baking powder)
3 butir telur
1 sdt essens vanili --> bisa ditambahkan supaya lebih wangi

Filling blueberry dan starberry (optional)

Cara membuat :
1.Panaskan oven, siapkan cetakan muffin isi 12, beri kertas cup.
2.Masukkan semua bahan itu ke dalam baskom, mikser.
3.Kocok dengan kecepatan sedang selama 5 menit.
4.Setelah itu masukkan ke cetakan muffin yg sudah diberi kertas cup. Adonan ini kental sekali jadi untuk menuangkan ke paper cup pakai sendok aja. Kalau mau pakai filling, tuang satu sendok adonan ke cup, kasih filling, lalu tutup lagi dengan adonan.
5.Panggang dengan suhu 180 derajat selama 18-20 menit.

Kuenya sedikit keras (karena pemakaian terigu yang banyak) tapi untuk cupcake rasanya kokoh sekali deh, jadi hiasan pun bisa kokoh. Saya hias dengan menggunakan Buttercream. Saya beli Buttercream Mix merk Hollman, tinggal di mixer selama 20 menit lalu ditambah susu kental manis dan rhum (optional). Suami minta yang pakai keju, saya oleskan sedikit buttercream ke cake lalu taburi parutan keju cheddar. Buttercream yang selebihnya diberi 3 warna; pink, biru muda dan kuning. Saya hias dengan menggunakan spuit bunga (bentuk swirl). Hasilnya jadi lucu-lucu, warna warni yang bagus banget dan menggugah selera. ^^

(J)

2 comments:

TheCAKE said...

taste cupcake nya enak gak jess ?

~Jessica Daniel~ said...

Cin, sori, gw baru buka2 lagi nih... belakangan jarang2 buka. Cupcakenya sedikit rada padet n manis. Kalau untuk cupcake rasanya bagus, krn ga akan melimpes, tapi kalau ga suka yg padet ya kurang enak ya krn bnyk tepungnya.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...