Tuesday, October 25, 2011

Strawberry Cheesecake for My Lil' Brother's Birthday ^^ (Step-by-Step Cheesecake)


Ulang tahun adik saya sebentar lagi, truuussssss......... ada OVEN baru hahahaha ^^ Mau buat apa ya? Liat sana sini; dapur, kulkas dan tempat-tempat tersembunyi lainnya, akhirnya terpilihlah membuat Cheesecake. Kenapa? Karena bahannya lengkap semua dan pastinya kalau membuat Cheesecake rata-rata semua suka. Trus di rumah juga ada stok Creamcheese.... wah yummy deh, ngebayanginnya saja sudah mengeluarkan air liur. Udah rencana juga mau dihias dengan Whipcream, secara ada stok di rumah. Gak usah berlama-lama lagi, dibawah ini resepnya (resepnya dari Ci Ika Olivia Cake, tapi hampir mirip dgn resep Mb. Riri) dan step-by-step nya. Mudah-mudahan membantu.

Cheesecake
Bahan:
50 gr terigu
50 gr maizena
60 gr unsalted butter
250 gr cream cheese, biarkan sampai suhu ruang
120 ml whipcream / susu uht
120  gr keju cheddar, parut
3 kuning telur
1 bt telur utuh
2 sdt kulit jeruk lemon (optional)
5 putih telur
125 gr gula kastor
1 sdt air jeruk lemon (optional)





Cara Membuat:

- Kocok cream cheese sampai lembut













- Panaskan susu hingga berbuih pinggirannya, lalu masukkan parutan keju, aduk rata. Masukkan cream cheese kocok, aduk hingga rata. Terakhir masukkan unsalted butter, aduk semua hingga rata dan licin, angkat dari api dan biarkan sampai hangat.







































- Masukkan campuran tepung dan maizena sambil diayak, aduk rata.
- Masukkan kuning telur dan 1 butir telur utuh, aduk rata lalu masukkan kulit jeruk lemon lalu sisihkan.


























- Kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan gula sedikit demi sedikit hingga soft peak (adonan sudah mulai naik dan terlihat mengkilap).










- Ambil sedikit bagian adonan putih telur lalu masukkan ke adonan cream cheese, aduk rata. Setelah itu tuang adonan campuran ke dalam adonan putih telur. Aduk hingga rata lalu tuang ke loyang 22x22x7 cm bulat.








- Panggang dengan cara au ban marie (loyang berisi adonan dimasukkan ke loyang lebih besar lalu kedua loyang tersebut dimasukkan ke loyang yang agak rendah tapi lebih besar dari kedua loyang tersebut dan loyang paling bawah tersebut diberi air panas - panggang)
- Panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama 90 menit (bisa lebih, tergantung oven)
- Setelah itu matikan api lalu biarkan pintu oven sedikit terbuka, setelah 5 menit baru dikeluarkan dari oven (jangan langsung mengeluarkan cake dari loyang karena akan mengakibatkan Cheesecake turun karena perubahan suhu yang mendadak)
- Cek jika pinggirannya sudah lepas, baru boleh dikeluarkan dari loyang.
- Seset sekeliling cake kemudian letakkan serbet di atasnya untuk membalikkan (untuk yang menggunakan loyang sambung)

Saya menghias dengan sederhana saja. Cover Whipcream dan didekor sedikit, di atasnya diberi selai strawberry yang sudah dicairkan sedikit menggunakan air panas. Hasilnya?? Bagooosssss b^^d Tinggal dikirim deh.
Oya, dibawah ini recap step-by-step nya ya. Cheesssseeeeee ^^


No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...