Wednesday, March 2, 2011

# Potato Schotel #

Ada postingan di milis NCC dari Mbak Meinawati mengenai makanan untuk sarapannya yang sangat cepat. Hanya potong, tumis, panggang lalu bisa langsung dimakan. Tertarik dengan resep yang diberikan, saya langsung copy dan print. Saya juga beli kentangnya. Ternyata di milis ada beberapa teman yang sudah mencoba, hasilnya katanya enak, tapi cepat hancur. Jadinya saya coba cari akal.

Saya buat 1/3 resep, karena di rumah hanya punya 1/3 resep susu cair. Saya membuatnya di aluminium foil bulat ukuran 15 cm. Saya membuat malam supaya paginya tinggal dihangatkan kembali dan dijadikan sarapan. Karena banyakanya kerjaan jadinya baru dimakan pada sore hari dan tidak dihangatkan kembali. Ternyata rasanya lebih enak dan sepertinya saus susunya juga mengental sehingga tidak hancur. Kata suami.... eeennnaaakkkk.

Potato Schotel

(source : Seri Quick Cooking - Schotel dan Variasinya by Albertin Hoesni)

Bahan :
300ml susu cair segar
1 sdm tepung terigu (saya tambahkan sedikit lagi)
3/4 sdt garam
1/2 sdt merica hitam (saya pakai merica bubuk biasa)
2 sdt mentega
1 buah bawang bombay kecil, cincang halus (saya tidak pakai)
150g keju cheddar, diparut
3 buah kentang, iris tipis setebal 1mm
5 lembar daging asap, potong dadu kecil (saya pakai sosis ayam)

Cara membuat :
1. Campur dan kocok susu, tepung terigu, garam dan merica jadi satu
2. Panaskan mentega, tumis bawang bombay hingga layu. Masukkan campuran susu, masak sambil diaduk sampai kental, angkat.
3. Masukkan sebagian keju, aduk rata.
4. Susun sebagian irisan kentang pada dasar pinggal bulat, diameter 20cm yang telah diolesi margarin. Tuangi 1/2 bagian saus no.2, taburi seluruh daging asap. Tutup dengan sisa irisan kentang dan sisa saus. Taburi dengan sisa keju parut.
5. Panggang selama 40 menit dengan suhu 180°C hingga matang, angkat dan hidangkan.

^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...