Tuesday, March 8, 2011

Bi Bim Bap or Bi Bim Bab (Korean Mixed Rice)


Saya kepengen banget makan Bi Bim Bap setelah melihat foto Bibimbap yang pernah saya makan di sebuah restaurant Sushi. Karena tidak sempat untuk makan di restaurant tersebut, maka saya putuskan untuk mencoba membuat sendiri. Hanya mengira-ngira saja bahannya. Saya sudah lama membeli bumbu instan untuk membuat beef bulgogi, tapi belum terpakai. Jadilah sekarang saya pakai beef bulgogi untuk bibimbap.

Saya juga googling untuk mencari kira-kira seperti apa cara membuatnya. Saya akhirnya masuk ke salah satu blog yang dimiliki oleh orang Korea, Dr. Ben Kim. Dia memiliki istri seorang keturunan Chinese dan yang diajarkan mertuanya kepada menantunya tersebut adalah membuat Bi Bim Bap. Resepnya dia berikan berikut cara membuatnya beserta foto step-by-step-nya. Akhirnya saya kira-kira saja cara membuatnya, tidak sama persis dengan blog tersebut, karena ada beberapa yang tidak bisa dibeli di pasar tradisional di dekat rumah.

Ini resep saya...........

Bi Bim Bap
by: Jess' Creart
Bahan:
250 gr daging sapi has dalam (iris tipis)
1 bks bumbu instan Korean Bulgogi
2 butir telur
1 bh bawang bombay (cincang)
1 lb daun bawang (iris miring tipis)
1 bks jamur enoki (biasa dijual per bungkus)
1 bh wortel (iris tipis panjang)
2 sdm minyak wijen
2 sdt biji wijen putih
garam secukupnya
minyak untuk menumis dan menggoreng
Nasi (kira-kira saja, tapi buatnya agak banyak airnya jadi sedikit lembek)

Cara Membuat:
- Rendam daging sapi dan bawang bombay dengan bumbu instan kira-kira 1 jam
- Tumis wotel dan garam, sisihkan
- Tumis jamur enoki dan garam, sisihkan
- Tumis daging sapi, beri garam, sisihkan
- Susun nasi (panas-panas) diatas mangkok
- Beri tumisan wortel, tumisan jamur dan tumisan daging
- Tuang minyak wijen dan taburkan biji wijen dan daun bawang
- Goreng telur setengah matang (atau kalau mau bisa juga mentah) lalu letakkan diatas nasi
- Sebelum dimakan, aduk dahulu semuanya
- Siap dinikmati

Saya juga cari-cari mengenai bibimbap. Ini saya dapatkan dari Wikipedia dan saya tambahkan sedikit.
Bibimbap atau Bibimbab (Korean pronunciation: pibimbap) adalah makanan Korea berupa semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan sambal gochujang (pasta cabai Korea). Sayuran yang sering dipakai untuk masakan ini adalah zucchini (biasa disebut timun Jepang), wortel, jamur, bayam, dll. Daging sapi juga bisa diganti dengan daging ayam atau seafood. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" dari kata bibim (campur) dan bap (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu.


Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap ("dolsot" berarti "mangkuk batu"). Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk. (Sumber: wikipedia)
Bibimbap yang saya buat tidak memakai pasta cabai Korea, karena memang tidak beli dan saya tidak suka pedas. Tapi rasanya hampir mirip dengan yang saya beli di restaurant sushi tersebut. Kalau mau memakai pasta, bisa diberikan pada saat sebelum dicampur semuanya. Ahhh.... lega deh udah makan bibimbap. ^^

No comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...